Cara Mudah Membuat Attachment Lamaran Kerja
Cara Mudah Membuat Attachment Lamaran Kerja
Attachment (lampiran) yang berisi data pendukung persyaratan lamaran kerja biasanya harus disatukan dalam satu dokumen PDF (Portable Document Format) , dan kali ini admin akan share cara membuatnya menggunakan Ms. Word.Sebelumnya siapkan dokumen yang dibutuhkan secara digital dengan cara melakukan scan. Contoh beberapa dokumen yang harus disiapkan diantaranya :
- Surat lamaran (jika surat lamaran berbentuk file lampiran)
- Curriculum Vitae
- KTP
- Ijazah
- Pas foto
- Dan dokumen penting lain yang dibutuhkan
Jika semua dokumen sudah disiapkan, berikut Cara Mudah Membuat Attachment menggunakan Ms. Word :
- Buka Word Document
- Atur lembar Word tanpa margin dengan cara menggeser Ruler atau dari Menu > Page Layout > Margins > Custom Margins > Top, Bottom, Left dan Right (default 2.54 cm) ganti dengan angka 0 (nol).
- Masukkan/Insert > Picture > klik dokumen hasil scan lalu klik Insert
- Atur gambar sesuai ukuran kertas A4 (21cm x 29.7cm) Ulangi pada document yang lainnya kecuali file gambar KTP (8.56cm x 5.4cm) dan pass foto (4cm x 6cm).
- Jika semua file sudah di masukkan, klik Office Button (logo bulat dipojok kiri atas)
- Sorot Save As dan pilih/klik PDF or XPS
- Untuk mengakhiri, klik Publish (sebelum klik publish, perlu diingat di folder mana dokumen akan tersimpan)
Untuk dapat melakukan langkah diatas Microsoft telah menyediakan Add-in: Microsoft Office Save as PDF or XPS secara gratis dan anda bisa download langsung dari situs resminya :
- Buka http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=7
- Klik Download
- Hapus centang pada check box (untuk mengabaikan tawaran download add-ons lainnya)
- Klik No Tanks and Continue
Tujuan dari Mengubah Word ke PDF selain dari menyatukan semua dokumen juga agar ukuranya lebih kecil dibandingkan dengan file aslinya.
Komentar
Posting Komentar